Thursday, July 19, 2007

nonton bola di stadion, gembira!

huaaahhh...menyenangkan bisa nonton langsung pertandingan bola internasional di stadion gelora. gw bener2 puas ngerasain suasana yang ramai dan hiruk pikuknya. crowd-nya terasa banget. kentel banget. gw riang di puluhan ribu orang yang mungkin sama riangnya dengan gw. huaaaaa....gembira...im so hillar..rious...

jam 10 pagi gw kebangun. karena hp gw bunyi. temen gw ini ngajak gw nonton bola indonesia lawan korea. katanya doi ada tiketnya. pagi itu, secara gw baru kumpulin nyawa, jadi gw jawab ngambang, mungkin... sebenernya ada rasa males juga nonton langsung. karena ada perasaan trauma n takut kalau terjadi huruhara.

alesan kenapa gw trauma n takut nonton bola:
waktu itu nonton bareng piala dunia 2002(gw masih kuliah ni n ngejer gebetan ga dapet2) di dalem stadion gelora bung karno. itu pertama kalinya gw masuk tuh stadion. nonton barengnya disediain layar super gede 5 biji di tengah lapangan. gw ikut ngantri tiket. waduh gokil pisan.gw kegencet2. kegencet ama para calo sekaligus copet yang gelagatnya dah ketahuan banget. mereka bener2 ga tertib dan sengaja bikin rusuh. tapi akhirnya dapet juga tuh tiket dengan penuh perjuangan. desek2an. ga pake ngantri. pas nonton di dalem. suasana ga beres terasa. karena orang2 yang masuk keliatan beringas(bukan maksud judge dari penampilan). tapi dari kelakuan mereka n kata2 mereka yang kasar. tau dong yang maen itu orang asing semua. ee penontonya malah marah2. mulai deh ada yang lempar botol dari atas. trus botol selanjutnya yang warna airnya kuning gitu kaya air kencing(dugaan yang tepat sebenernya) berterbangan.

ngeliat ga tertib gitu, pertandingan belum dimulai, gw langsung ambil komando ke temen2 gw supaya kita keluar aja. alhasil kita nonton final piala dunia di layar tv biasa yang disediain di lobi jcc. huahahaha....fiuh aman.gol!! brasil juara lagi.

bek tu ekspedisihariini. temen gw ini orang eo. doi dapet 2 tiket dari orang jak-mania. ya proud juga si ada orang milih gw. gw bilang ke doi gw pikir2 dulu n baru jam 9 malem abis basket gw kabarin kepastian gw ikutnya. nah dilapangan basket, temen2 basket gw pada kecewa gitu karena mereka pengen nonton tapi kehabisan tiket. n gw ngerasa berutung banget. yup berlandaskan penderitaan orang2 gw setuju ikut nonton.

pertandingan hidup mati indonesia-korea untuk masuk putaran 2 bakal di gelar jam 17.30. gw ma temen gw dateng di senayan jam 2. suasana dah ramai. orang2 pada pake baju putih n merah. n gw pake baju putih(metro sport: untuk anda yang langsung menyemangati timnas kita di stadion, kenakan baju putih. putihkan senayan). baju putih yang gw pake juga bukan kaos bola, tapi kaos putih malioboro tempo doloe. itu juga di kasi. :D (maaci ya yang ngasi).

gw parkir di basket hall. sekalian temen gw ini ketemuan ama orang jak-mania untuk ambil tiket. nunggu 1,5 jam baru dapet tuh tiket. yang harganya 25ribu. tiket dah abis semua. calo merajalela. tapi mereka jual sembunyi2. tiket 15 dijual 30, tiket 25 dijual 50, tiket 75 dijual 200, tiket 200 dijual 500. ternyata, hasil ngobrol dengan pengurus jak-mania, suporter jak-mania itu dapet jatah 27ribu tiket dari pssi. itu artinya hampir 30% dari kapasitas stadion yang 100ribu. gila.

tiket gw pegangin. eee ada orang yang bilang ke gw "mas tiketnya masih ada ga" yaaa gw disangka calo tiket. trus orang2 pada ngerubungin gw nanyain tiket. oala...

masuk stadion kita dijaga n diperiksa ketat. 3 kali pemeriksaan baru bisa masuk. untuk menghindari terjadi lemparan botol. semua air kemasan penonton di masukin dalem kantong plastik bening. demi keamanan. suasana di halaman stadion bener2 bikin gw gembira n manis. enak banget suasananya ramai n tertib. dari luar dah kedengeran sorak2 penonton. huuu merinding gw. jadi pengen buru2 masuk.

pas masuk. wooo...keren. suasananya hangat n penuh semangat. yel yel indonesia terus2an mengumandang. disektor 18 tempat gw duduk. bendera raksasa dibentangin. tulisannya 'ini kandang kita' auuumm... gw ga henti2nya teriakin indonesia sambil tepuk tangan. gw semangat!!
selama pertandingan penonton tertib. hilang semua bayangan ketakutan n trauma yang dulu. gol! buat korea. kalah lagi kalah lagi. peluit panjang gw langung duduk n nunduk. why oh why dikau kalah indonesiaku?! huaaa... meski kalah para penonton tertib n ga ada marah2. semuanya malah keliatan puas. bisa kasi semangat langsung ke bambang pamungkas n kawan2.

dijalanan, terutama di pertigaan yang mau masuk simprug tempat banner 'ini kandang kita' raksasa dipasang, suporter terkonsentrasi disitu n mereka tetep anteng n kalem. ga ada keberingasan n chaos. malah lebih ke sukacita. termasuk gw. ceria.

laper. gw makan dulu di bakso lapangan tembak. ee..malah ketemu arin temen kantor dulu sama suami n ayahnya. ternyata doi abis nonton juga. gw tambah gembira. ternyata gw kangen sama temen2 gw kerja dulu. ayo sapa lagi yang mau ketemu...

gw masih gembira gini.

No comments: