Friday, December 28, 2007

penyogokan bahasa inggrisnya bribery


suap, sogok. sudah merebak kemana2. di pemerintahan, di kantor, di pedesaan, di gunung2, di sawah, di goa, di kandang macan, lho!

sogok menurut gw sebenernya ga jauh beda dengan iming2 permen ke anak kecil supaya dia mau mandi misalnya. berdasarkan idiom gw itu, gw mengaku telah mengalami percobaan penyogokan! penyogokan! sekali lagi ah, penyogokan! lagi ah penyuapan!

secara terang2an disini gw bilang, kalo gw udah di sogok sama..sama..gw takut bilangnya. gw kasi inisialnya aja deh. N.Y.O.K.A.P. ya, oleh inisial nyokap itu gw udah disogok untuk potong rambut.

untuk potong rambut gw diiming2i 500rebu doang. Huakakakakakakakakak. bukannya nyepelein duit nih. tapi untuk potong rambut secara paksa dan cuma dapet segitu sih ogah, ta u u ya...

nyokap: yee dulu imel (suaminya ka bela sepupu gw) itu kalo potong rambut di kasi duit trus baru mau potong.
gw: :P weks...
nyokap: berapa, mama kasi 300
gw: ogah
nyokap: okeh 500, jadi.
gw: ta usa ya....

ta ela, harga rambut gw cuma gope. keluar kerja n berdebat dengan sejuta umat gw juga berani untuk mempertahankan rambut gw ini. sepupu gw bang ian bilang ke gw ada rahasia kebanggan nyokap ke gw.

bang ian: eh hen, tau nda kebanggaan mamamu sama kau itu?
gw: apaan?
bang ian: kalau kau potong rambut
gw: huakakakakakak

ternyata yang gw tau omongan itu bener2 serius. weleh2. ntar deh mam, nunggu wangsit :D. nyokap kadang bilang, kalo gw potong rambut bakal tambah ganteng. hehehe mama2, kalo itu sih gw ga perlu dikasi tau, banyak cewe2 yang bilang gitu. panjang kek gini aja banyak yang nempel2. tapi semua out of list, sori ya cewe2, di list gw cuma muat satu nama n sekarang itu masih waiting list, kekekekek :p

bener2 penyogokan yang terencana. kalo berdasar UUHARP alias uu hak asasi rambut panjang pasal 36b, nyokap bisa kena denda 10x ngebeliin somay bandung, 15x nraktir di mamink, 5x beliin baju valino, 7x ngejajanin di pizza hut/izzi, n 12x bayarin cicilan mobil.

protes para orang tua atas rambut gondrong ternyata bukan gw aja yang ngalamin. temen komplek gw iwan gondrong, yang udah berpengalaman gondrong 12 taun aja masih dapet komplen dari bokap n nyokapnya supaya rambutnya dipotong. terang aja bokap2 kita keknya selama hidupnya ga pernah gondrong deh, wong tentara cepak mulu :p.

No comments: