Friday, September 7, 2007

keripik kentang

Kemaren ada yang istimewa. Apakah itu?

Gw berhasil bangun pagi2. Bukan tidur pagi2. Bangun pagi yang baru terjadi sejak 2 bulan terakhir gw nganggur ini dipicu oleh nikmatnya keripik kentang. Keripik kentang yang dibuat sendiri sama nyokap gw. Keripik kentang itu bikin gw selalu terbayang2 akan asoy nikmatnya.

Pas keripik itu abis, gw berniat untuk ngebuatnya sendiri. Trus gw tanya sama nyokap cara ngebuatnya. Nyokap bilang cara buatnya sih gampang, yaitu kentangnya dijadiin keripik trus jadi deh keripik kentang. Emmm makasi penjelasannya yang begitu mendalam mama. Setelah ngebujuk dengan cara mijetin kaki nyokap, akhirnya nyokap mau ngasi tau caranya.

Ternyata ngebuatnya gampang banget. Meski gampang ternyata ada teknik dan rahasia khusus supaya keripik itu jadi enak.

Cara membuat keripik kentang asoy masoy.

Persiapan awal:
1. Siapkan mental dan perasaan benci sama kentang. Karena kita bakal bejek2 itu kentang.
2. Hadirkan kentang, cuci bersih (biasanya kentang itu kotor gitu). Ga perlu dikupas.
3. Perlu pisau khusus untuk motong kentang jadi tipis (piso khusus ini banyak kok di pasar).
4. Kudu ada kapur sirih (ini rahasianya nih).

Memasak keripik kentang:

1. Potong2 tipis kentang.
2. Cuci n rendam dengan air dan campuran kapur sirih (20-30 menit).
3. Masukin kentang yang dah dipotong2 ke minyak panas. Ambil alat pengaduk. Tapi kalo dah punya ilmu debus sih ga perlu alat lagi.
4. Kasi garem secukupnya disaat kentang digoreng.
5. Sape kecoklatan lalu angkat (bukan kompornya, tapi kentangnya aja).

Nah kenapa gw bangun pagi?

Karena gw kudu beli dulu kapur sirihnya di pasar. Dan gw pengen makan keripik kentangnya pagi2 juga (lagi kepengen sih). Setelah pergi ke pasar pagi2. gosok kentang, motong, goreng, jam 8 lewat gw dah menikmati keripik kentang hasil buatan gw sendiri. Emm yummiiiieee....

Nah gw kasi rahasianya nih. Kapur sirih itu kita gunain untuk ngerendem supaya potongan kentangnya jadi keras. Dan nanti kalo abis digoreng jadi crispy kriuk2. Nah kalo ga pake kapur sirih itu, abis digoreng bakal langsung peyot. Kapur sirih ini aman. Apalagi kita cuma gunain satu sendok teh untuk 1 kilo kentang.

Abis digoreng kripik kentang siap disajikan. Tambah garem atau penyedap. Nikmati kentang sendirian, jangan perdulikan orang lain, biar ga cepet abis.

1 comment:

Anonymous said...

thank ya,,,atas tipsnya bikin keripik kentang kentang