Friday, September 21, 2007

somad mahmud abror marjuki sang guru privat

hi hi aloo :p waktu terasa jalan cepet banget ya. kalo kata adhitya si penulis jomblo di blog-nya sih, dengan waktu yang berlalu itu dia jadi garuk2 kepala trus ngomong dengan tampang bloonnya 'kemana perginya waktu?' nah kebetulan juga ni, sambil nulis sambil dengerin 'time after time' (halah sok dikait2in..)

dari gulungan waktu yang terus berputar n berlalu itu, apa sajakah yang sudah terjadi disekitar gw atau yang yang terjadi sama gw sendiri? mari kita perhatikan secara saksama (hi hi kaya acara pelajaran sekolah di TVRI dulu ya).

puasa ga terasa dah 9 hari aja. padahal gw belum jadi apa2. belum punya apa2 dan siapa2. pathetic life? nope. for me, it just part to live on. semua ada jalannya, semua ada waktunya. gw suka dengan kata2 ini 'kalo udah waktunya ya itu berarti waktunya' hehe oke i'll waiting. *halah kok jadi mirip curket si (curahan ketek)*

apa yang terjadi disekitar gw? serpihan rambut gw nyebar kepenjuru rumah. biasa, suka kesangkut di pintu, lemari, kolong meja, jendela, tivi, kompor, kulkas, pohon mangga depan rumah. kabar kaka gw, doi makin cantik aja tuh, tapi dah kaya anak cina, rambutnya dicet kuning2 gitu. coba rambut gw yang dicet kuning gitu, mentok2 paling jadi mirip anak singa. ade gw sibuk skripsi, kuliah kok nda lulus2. bang iman bisnisnya makin banyak order. nyokap gw makin rajin ngaji n mulai mau menurunkan ilmu2 masaknya buat gw. hehe gw bakal jadi chef internasional. bokap sibuk dengan jabatan managernya. dan the last but not least, nyamuk2 makin ngefans sama gw (gemes mau gigitin). just recap yang ada dirumah :D.

bagaimana dengan para bagil? kabar bae (halah...). bagil makin liar kocar kacir. ludahannya makin jauh. pukulannya makin kenceng. makin bawel. kalo dimarahin bukannya takut malah ngejawab trus ketawa2 sambil lari2an. ezy, abangnya bagil, nilai ujiannya jelek. kerjaannya maen. males belajar.

nah ngomong soal belajar ni. beberapa hari lalu ezy n bagil disuruh mamanya belajar di tempat gw. kucluk2 mereka cuma dengan dianter supir n ditemenin pengasuhnya dateng ke rumah sambil bawa buku pelajaran mereka.

kak bella ngerasa anak2nya kudu pinter dalam hal akademis. mereka di sekolahin di sekolah terpadu (baca: kek sekolah2 mahal di jakarta, terlalu..). dikasi guru privat datang ke rumah. di sekolah juga dikasi mentor khusus. dasar anak super aktif. sulit banget nangkep pelajaran. tapi kalo maen gem atau yang berhubungan dengan maen2 cepet banget nangkepnya.

pas belajar di rumah gw, bagil maunya belajar sama bang iman. ezy diserahin ke kaka gw. tapi ujung2nya gw juga yang disuruh ngajarin ezy. ezy bawa buku pelajaran sains n bahasa inggris.

pelajaran pertama sains. teknik ngajar gw dengan cara gw baca, trus dia ngedengerin. tapi bukannya ngedengerin ezy malah baring2 di kolong meja. gw tarik trus gw bacain pelajarannya di kupingnya dia kenceng2. setelah gw pikir2 kalo teknik ngajarnya kek gitu, seminggu belajar bakal langsung jadi budek permanen berijazah itu anak.

akhirnya gw ajarin dengan gaya gw, hehehe. gaya nungging. gw kait2in pelajarannya dengan kehidupan nyata trus gw kasi contoh biar asik. gw sebenernya ngarepin ezy bisa belajar sambil adep2an. tapi kenyataanya ezy di kursi sambil kepalanya di bawah, kakinya di atas. ga perhatiin gw sama sekali. tapi yang gw heran kalo dikasi pertanyaan doi bisa jawab.

pelajaran selanjutnya bahasa inggris. nah kalo ini doi lumayan nangkep. vocab-nya udah lumayanan. secara gw juga native banget :p
bagaimana bagil? bukannya belajar, yang ada di malah nyoret2 itu buku. trus lari2an sepeti biasa. kenapa ya bayi2 itu senengnya lari2an ga jelas gitu?

sekitar 3 jam gw jadi guru privat. dan ga lama kak bela dateng buat bawa mereka buka puasa bareng koleganya.

besokannya gw diminta kak bela buat ngajarin mereka lagi. hehe mungkin ngeliat anaknya mau belajar sama gw jadi gw disuruh lagi. pas gw dateng ke markas mereka. mereka lagi pada maen di luar, maen di tetangga kale. trus pada dipanggilin supaya belajar sama gw.
gw ngerasa gw adalah guru. jadi kudu berpenampilan kek guru. so gw pake kopiah. pas mereka dateng. mereka pada manggil gw.

ezy: om hendi...
bagil: om hendi..
gw: bukan (gaya ngomong, gw buat kaya gaya madura gitu), saya teman dekatnya mas hendi. saya yang akan mengajar hari ini. perkenalkan saya somad mahmud abror marjuki.
bagil: hahaha juki...(sambil ngambil kopiah gw trus dilempar kemana tau)

gw berasa kalo pake kopiah gw jadi guru banget :D. yang gw ajarin pertama ezy. masih dengan pelajaran sains. tetep dengan jati diri gw hari itu. somad madura. ezy malah maen komputer. gw ga larang, dan gw juga tetep ngajarin pelajaran. meski dia maen tapi pas gw tanya doi bisa jawab. hehe mas somad.

setelah sejaman, abis itu bagil. bagil gw bawa ke kamar biar lebih khusu' belajarnya. masi dengan mas somad maduranya, gw bilangin ke bagil kalo kita cuma bakal belajar 5 menit doang. mau nipu2 dia biar mau belajar. 5 menit buat bagil ternyata lebih sederhana. trus dia ngitung 1 sampe 5. trus dia bilang udah ya belajarnya kan udah 5 menit. trus malah lompat2 di tempat tidur.

gw terus ngerayu dia belajar baca. sebenernya dia udah apal abjad n dah bisa merangkai hurup. jadi cuma ngelancarin aja. rayuan ga berhasil tapi kopiah gw di lempar2 lagi. gw tangkep trus doi malah ngeludah n ngelepasin tabokannya. hehe untungnya ga kena, ludahnya. tapi tabokannya manteb pas di muka gw.

dari pergumulan itu bagil cuma efektif belajar 2 menit.

gw: ayo baca yang atas. itu huruf apa?
bagil: RRRR...
gw: sebelahnya?
bagil: AAAA...
gw: jadi apa?
bagil: RA...
gw: sebelahnya lagi?
bagil: BBB...
gw: bagus. sebelahnya lagi?
bagil: UUU...
gw: jadi..?
bagil: BU...
gw: nah kalo digabung jadi apa?
bagil: BABU..!!!!!!!!!

well setelah jerih payah gw. cuma dapet kata BABU... gw yakin banget penekanan kata babu-nya emang bener2 buat gw. tapi saya kan mas somad mahmud abror marjuki sang guru privat. ada yang berminat menggunakan jasa mas somad, silahkan langsung aja 08129252082.

No comments: