Wednesday, October 3, 2007

bagil bertanya gw jawab, bagil bertanya gw jawab, bagil bertanya gw jawab...

hi hi i'm still cool, tambah cool malah :D

gw pernah baca buku yang judulnya bertanya atau mati? penulisnya isman suryaman. isi bukunya lucu deh, tentang isi pikiran dia akan sebuah pertanyaan. menurut dia kalo kita ga bertanya maka kita bisa sesat trus bakal mati. jadinya kita kudu bertanya atau bakal mati.

gw pernah menerapkan azas hidup itu. gw terapkan waktu gw cari alamat. u know what? yang ada gw sesat. itu gara2 gw kebanyakan nanya.
kalo kita kebanyakan nanya, selain jadi sesat, orang yang ditanya juga bakal kesel, karena nanyanya kebanyakan. nah, gw udah ngerasain itu. ngerasain bagaimana menyebalkannya ditanyain mulu.

sejak bayi dilahirkan mereka terlihat lucu. trus mereka mulai bisa bilang 'ba..ba..ma..ma...' trus ngomong mereka makin lancar bilang 'ba..ba...babu lu' trus tambah lancar bilang 'ma..ma..mampus lu'. setelah mulai lancar ngomong mereka biasanya akan mulai mengembangkan otak dengan cara bertanya. jeng jeng jeng...

kemaren gw nganterin nyokap ke markas bagil. nyokap mau menurunkan ilmu masakan opor ayam ala keluarga melayu ke kak bela. trus ada beberapa bahan2 yang belum lengkap. jadi gw, nyokap, kak bela n bagil n pengasuh bagil pergi ke pasar.

seperti biasa kalo di markas bagil gw bawaannya waswas dan selalu mencium bau penganiayaan (terhadap diri gw yang lemah ini ihik..).

pas nyampe markas bagil gw baring2 di kamar depan sambil ngeluarin suara2 aneh (biasa kalo ga ada kerjaan gini, iseng mode on). bagil ada di dalem kamar itu juga. tiba2 bagil keluar kamar trus masuk lagi bawa raket betminton (hemm keknya tulisannya salah deh, tapi gw ga tau salahnya dimana, dapatkah kamu temukan kesalahannya dimana? dora explorer), sama bawa sapu lidi.

disaat gw sambil pura2 merem dengan suara ngik2 ga jelas itu, tiba2 perut gw dipukul pake raket. haaa!! gw teriak mata melotot. trus tiba2 disodok pake sapu lidi. hiiikk!!! meringis tahan pipis bau amis. rasa waswas gw terjawab dengan penganiayaan demi pembunuhan. trus agar gw ga mati maka gw bertanya.

gw: woooi kok om dipukul sih?? (ini pertanyaan)
bagil: abis suaranya serem...(masang tampang culun tak bersalah)
gw: watdefak...(masa cuma suara ngik2 doang serem)

ternyata bagil takut ngedenger suara ngik2 dari gw. bagil emang rada takut ama hantu n suara hantu2an. tapi kenapa mukul gw?? (ini pertanyaan lagi).

abis itu, gw mau ngeluarin mobil dari garasi untuk berangkat ke pasar. pas gw dah duduk di belakang stir tiba2 bagil dengan seruntulannya (kek tikus kabur gitu,cerucut..) dah naek diatas badan gw, sambil enjot2an. kenapa ya bagil selalu datang dengan tiba tanpa ada peringatan tertulis dulu. heran gw. ini pertanyaan besar saudara2 pertanyaan besar!

bagil: mau nyetir...mau nyetir...(sambil loncat2 di badan gw)
gw: heeegg...heeegg...
bagil: ayo om, fahri mau nyetir
gw: heeeegg...(oh tuhan lindungilah diriku yang lemah ini) *air mata mulai menetes..tes..tes*

berkat doa yang tulus, akhirnya bagil berhasil di pindahin ke bangku sebelah sama pengasuhnya, ana namanya. trus nyokap n kak bela dah masuk mobil hihiy..berangkat ke pasar. pasar beneran lo yang pasar tradisional gitu deh meski bayarnya tetep pake duit juga :p kalo tradisional harusnya bayar pake daon ya.

gw menduga akan aman2 aja setelah di pasar. karena gw ngerasa kan gw tadi udah kena azab siksa bagil di rumah. perkiraan gw ternyata betul. gw ga dapet siksa fisik. tapi ternyata oh ternyata siksa akan terus terjadi kalo gw deket2 bagil. memang bukan siksa fisik tapi siksa yang gw rasain ini sama dahsyatnya dengan siska fisik.

itu tadi yang gw bilangin. untuk pengembangan otaknya bagil mulai banyak tanya. keluar dari mobil bagil bilang 'mau jalan sama om rudi cecep aja'. hehe gw itu kalo ke markas bagil sering ganti2 identitas. kek dulu waktu ngajar gw pake nama somad mahmud abror marjuki, mbah gelung, billy the kid, sekarang rudi cecep dari sunda.

entah maksud beli apa, nyokap n kak bela masuk ke toko kelontong yang jual perkakas dapur gitu (ini gw yakin banget ga ada dalam agenda belanja hari itu. kan rencananya cuma mau bikin opor). yang ada nyokap gw beli senduk kayu, bakul, saringan, alat cetak cendol dll. bener2 out of agenda belanja.

di toko kelontong itu bagil mulai celingukan. kepalanya muter2 nyari sesuatu. oow pasti ada yang ga beres ni. tiba2...ting! dia ngeliat gw dengan tatapan kan-tadi-udah-disiksa-pake-pukulan-sekarang-siksaan-mental-okeh!

bagil: itu apa om? (nunjuk alat pencetak kueh)
gw: ooh itu alat untuk cetak kueh
bagil: ini apa om? (megang corong air)
gw: ooh itu corong buat masukin aer
bagil: itu apa om? (megang corong air beda warna)
gw: itu corong air juga sama, cuma warnanya merah
bagil: itu apa om? (megang alat cetak kueh yang beda bentuk)
gw: ooh itu sama untuk cetak kueh juga, sama kaya yang itu disebelah

saat ini ditengah terik matahari, pasar laksana gurun. tenggorokan gw dah mulai sakit.

bagil: itu apa om? (megang kuas kueh)
gw: itu kuas buat bikin kueh
bagik: ini apa om? (megang kuas kueh yang gede)
gw: itu kuas buat bikin kue juga, tapi lebih gede
bagil: ini apa om? (balik lagi megang cetakan kue)
gw: itu cetakan kue juga
bagil: kalo ini? (megang cetakan kue lagi)
gw: itu...cetakan....kue....juga....sama.....semuanya.....sama.....dodol....anak babon....!!

suara dah mulai serak2. kesabaran dah terkikis habis. mental udah jatoh dari tadi. di hati udah nangis meraung2. lagu melownya obbie mesak n ebit g ade udah berseliweran di kuping. ya tuhan kenapa toko ini punya alat cetak kue yang beribu macam. lagian nyokap gw juga lama banget si belanjanya di toko ini. nyokap gw masi milih2 perkakas yang gw ga ngerti fungsinya buat apa.

semakin nyokap gw lama milih2, semakin tersiksa pula gw dengan pertanyaan yang super ga mutu. cuma bilang ini apa, itu apa. trus mulut gw bebuih megap2 kek ikan mas koki cari udara.

namun sukurlah akhirnya nyokap gw insap juga. untuk tidak ngeborong semua barang2 yang ada di toko itu. kita beranjak untuk cari bahan2 opor. gw selamat! dari siksa pertanyaan. kalo nyokap ga beranjak juga tuh, beberapa saat kemudian gw bisa dipastikan bakal di kubur di samping pasar tuh karena mati akibat mulut bebuih jawab pertanyaan bagil.

ini apa om? itu apa om? ini hantu gunderowo. itu kuntilanak. *waa dezig*.
bagil, i will take revenge with u!!! pembalasan dendam nyi melet cari toilet. wasdapalah eh kebalik yax waspadalah!

gw jadi ngebayangin gimana kalo banyak tanya kek bagil itu gw lakuin juga pas waktu kuliah dulu. apalagi gw kan seringnya duduk depan, deket ama meja dosen.

gw: itu apa pak dosen?
dosen: ini buku statistik lanjutan yang akan kita bahas hari ini
gw: itu apa pak dosen?
dosen: ooh itu tas saya
gw: ini apa pak?
dosen: ooh itu pulpen saya
gw: itu apa pak?
dosen: itu papan tulis
gw: itu apa pak?
dosen: jam dinding
gw: itu apa pak?
dosen: kancing baju

biasanya hal yang paling ampuh untuk menghentikan serbuan pertanyaan adalah dengan nanya balik.

gw: itu ap....
dosen: tunggu! sekarang giliran saya yang bertanya. siapa nama kamu?
gw: tamhitam a.k.a hendi suhendratio mangun kusumo sastro wijoyo alimarto prodowinoto kusumo ningrat.
dosen: okeh. itu apa?
gw: emm pintu pak..
dosen: fungsinya buat apa?
gw: buat keluar dan masuk pak
dosen: kalau begitu silahkan...silahkan KELUAR KAMU!!!

bertanya atau mati? mati aja lu! ga ada tanya2!!

No comments: